Status perusahaan 
- Status      Legal : suatu badan hukum, yang memiliki sejumlah hak kewajiban
- Pertanyaan      : adakah tanggung jawab sosial moral perusahaan ?
- Perusahaan      sebagi ”pribadi” artifisial mungkin mempunyai tanggung jawab(legal dan      sosial)
- Tanggung      jawab sosial perusahaan, menurut Theodora Levitt, dibedakan: 
- Tanggung       jwab ekonomi : memperbesar usaha dan mendapatkan keuntungan
- Tanggung       jawab sosial : urusan negara
Persoalan : dalam rangka memenuhi tanggung jawab ekonominya, terdapat konsekuensinya, yang dari segi sosial dapat merugikan masyarakat.
Argumen penentang adanya tangung jawab sosial perusahaan :
- Tujuan      bisnis = mengejar keuntungan sebesar-besarnya :perlu efisiensi
- Membuat perhatian terpecah (target ekonomi dan sosial)
- Biaya      keterlibatan social akan memberatkan masyarakat
- Bisnis      sudah memiliki kekuatan yang memadai, tidak perlu dukungan 
- Kurangnya      tenaga terampil untuk memenuhi aneka kebutuhan sosial
- Sulit      mmebuat pilihan moral dalam menjalankan tanggung jawab sosial
Argumen pendukung perlunya tanggung jawab sosial :
- Kebutuhan      dan harapan masyarakat mengalami perubahan 
- Semua      manusia mempunyai tanggung jawab sosial moral (kewajiban moral)
- Bisnis      tidak boleh hanya sekedar mengeksploitasi sumber daya yang terbatas
- Bisnis      akan lebih bisa berkembang dalm lingkungan sosial yang lebih baik
- Untuk      mengimbangi kekuasan bisnis yang sudah begitu besar
- Bisnis      memilki sumbersumber daya yang berguna bagi kehidupan sosial
- Untuk      menjamin keuntungan bisnis jangka panjang
Isi tanggung jawab sosial :
Terhadap relasi primer : memenuhi semua kewajiban terhadap pihak-pihak yang terlibat langsung dengan bisnis kita. 
Terhadap relasi sekunder : bertanggung jawab atas operasi dan dampak bisnis kita terhadap masyarakat dan lingkungan sosial pada umumnya.
Tanggung jawab terwujud dalam dua bentuk
·         Positif : Melakukan kegiatan-kegiatan yang bukan didasarkan pada pertimbangan untung rugi, melainkan didasarkan pada pertimbangan demi kesejahteraan sosial.
·         Negatif : Bisnis menahan diri untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan tertentu, yang sebetulnya menguntungkan dari segi bisnis, tapi dari segi sosial merugikan kepentingan dan kesejahteraan sosial masyarakat.
Dari segi etika, tanggung jawab bisnis scara negatif, harus dilaksanakan yang cara positif tidak wajib
Akan tetapi, sejauh mampu dari segi ekonomi, maka dia wajib secara moral untuk sosialnya dengan cara positif
Luas dan jangkauan serta isi konkret dari tanggung jawab ini, diserahkan kepada pelaku bisnis itu sesuai situasi konkret yang dihadapinya.
Etika bisnis (kewajiban karyawan dan perusahaan)
Kewajiban karyawan terhadap perusahaan :
1. Tiga kewajiban utama :
- Kewajiban      ketaatan : Mematuhi semua aturan dan perintah serta petunjuk yang wajar      dari atasannya
- Konfidensialitas      : wajib menyimpan informasi konfidensial yang telah diperoleh dalam      menjalankan suatu profesi
- Kewajiban      loyalitas : mendukung tujuan perusahaan dan menghindari segala sesuatu      yang merugikan kepentingan perusahaan
Kesulitan utama disini : adanya conflict of interst = konflik antara kepentingan pribadi dan kepentingan perusahaan
2. Melaporkan kesalah perusahaan?
Bila seseorang karyawan mengetahui terjadinya hal-hal yang tidak etis dalm perusahaan, bolehkah dia atau bahwak wajib melaporkannya kepada instansi lain diluar perusahaan? Dia melanggar kewajiban loyalitas atau tidak?
Syarat-syarat yang harus dipenuhi  bagi pembenaran moral atas hal itu :
- Kesalahan      perusahaan haru besar
- Semua      fakta tentang kesalahan harus jelas dan diketahui dengan baik
- Pelaporan      dilakukan semata-mata untuk mencegah terjadinya kerugian
- Pemecahan      masalah secara intern harus sudah ditempuh lebih dahulu 
- Harus ada      kemungkinan real bahwa pelaporan ini membawa sukses
Kewajiban perusahaan terhadap karyawan 
1. Tidak boleh mempraktekkan diskriminasi
- Membedakan      karyawan dengan alasan yang tidak relevan
- Alasan      tidak boleh diskriminasi
- Diskriminasi      dan favoritisme (kecenderungan mengistimewakan orang tertentu)
2. Menjamin kesehatan dan keselamatan kerja
Keselamatan kerja : adanya keamanan = bebas dari resiko kecelakaan
Kesehatan kerja : tempat kerja sehat = bebas dari gangguan kesehatan
Faktor keselamatan kerja : umumnya bersifat langsung
Faktor kesehatan kerja : menyangkut jangka panjang
- Pertimbangan      eris pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja?
- Sangkalan /      pembelaan diri dari perusahaan
- Kecelakaan       atau kerugian si pekerja tidak secara langsung disebabkan oleh perusahaan
- Si       pekerja menerima resko kerja denga sukarela
 

 
Tidak ada komentar :
Posting Komentar